Bukan Liverpool dan Madrid. Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
Manchester United. Sumber: Foxsport

Bukan Liverpool dan Madrid, Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners

Diposting pada

7 tim peraih treble winners – Treble Winners adalah sebuah istilah yang digunakan ketika sebuah tim berhasil memenangkan tiga kejuaraan utama dalam satu musim saja. Kejuaraan tersebut diantaranya Liga Domestik, Piala Domestik, dan Piala Eropa.

Bayern Munchen dan Barcelona menjadi tim terbaru yang mampu mencatatkan Treble Winners masing-masing pada 2013 dan 2015. Tidak mudah tentunya untuk meraih treble, apalagi faktor kekuatan tim-tim Eropa yang sudah berimbang membuat kejuaraan semakin sengit, baik domestik maupun eropa. Terbaru, Liverpool yang digadang-gadang sebagai tim yang mampu meraih treble musim ini, nyatanya harus pupus setelah tersingkir dari FA Cup yang notabene Piala Domestik utama di Inggris.

Tercatat hanya ada tujuh tim yang mampu meraih tri gelar dalam satu musim, Berikut tim Baberbol telah merangkum kisah-kisah 7 tim yang berhasil meraih Treble Winners, melansir dari ESPN.

Baca: 5 Pemain Sepakbola Dengan Gaji Tertinggi Dunia di 2020

7 tim peraih treble winners

Celtic (1967)

Bukan Liverpool dan Madrid, Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
Celtic. Sumber: Daily Record

Musim 1966-1967 menjadi musim ajaib bagi tim asal skotlandia. Berhasil mengamankan gelar Liga Domestik, Piala Domestik, dan Piala Eropa pada musim itu menjadikan Celtic sebagai tim pertama yang berhasil meraih Treble Winner. Menjalani 62 pertandingan dalam lima kompetisi berbeda, Celtic dengan mengejutkan hanya kalah 3 kali serta berhasil mencetak 196 gol pada musim tersebut.

Dari tiga gelar tersebut, Piala Skotlandia menjadi gelar pertama bagi tim Jock Stein, mereka mengalahkan  Aberdeen 2-0 pada laga pamungkas yang digelar di Hampden Park. Selanjutnya, Celtic mengamankan gelar Liga Skotlandia, dalam prosesnya Celtic harus bersaing dengan Rangers hingga laga pamungkas di Liga Skotlandia dimana Celtic hanya butuh satu poin untuk mengamankan Gelar.

Terakhir, di Lisbon Celtic berhasil mengamankan Piala Eropa setelah membungkam Internazionale dengan skor 2-1. Celtic sempat tertinggal 0-1, hingga Tommy Gemmell berhasil menyamakan kedudukan lewat tembakan dari luar kotak penalty, petaka bagi Inter ketika Stevie Chalmers mencetak gol pembalik kedudukan bagi Celtic. Setelah hari itu, semua orang mengenal Celtic, mereka bahkan mampu menghabisi Real Madrid 1-0 dua minggu berselang.

Ajax (1972)

Bukan Liverpool dan Madrid, Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
Ajax Amsterdam. Sumber: Lafmacun

Era kejayaan Ajax Amsterdam dengan filosofi Total Footballnya. Tahun 1971, Ajax nyaris mencatatkan treble pada musim itu, mereka mampu mengunci gelar Piala Eropa dan Piala KNVB, hanya saja gelar Liga lepas dari genggaman mereka setelah kalah dari Feyenoord. Pada tahun berikutnya, mereka menebus kesalahan musim sebelumnya, Ajax mampu finis delapan poin di depan Feyenoord untuk mengamankan gelar Liga Domestik, setelahnya mereka mengamankan Piala KNVB setelah menghajar ADO Den Hag 3-2 di laga puncak.

Begitu juga di Eropa, Ajax melaju tanpa halangan berarti, mereka berhasil menyingkirkan Marseille, Arsenal, dan Benfica pada fase gugur. Hingga pada partai final Ajax bertemu Inter di Rotterdam. Pada lag aitu, Ajax mampu mendominasi permainan, membuat pertahanan Inter tidak bisa berbuat banyak. Dua gol dari Johan Cruyff akhirnya mengamankan kemenangan untuk Ajax, dan menjadikan mereka salah satu peraih Treble Winner. Setelahnya, mereka bahkan mampu memenangkan Piala Intercontinental juga.

PSV Eindhoven (1988)

Bukan Liverpool dan Madrid, Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
PSV Eindhoven. Sumber: Eredivise

Guus Hiddink, nama fenomenal yang berhasil menyegel treble pada musim pertamannya ketika melatih PSV Eindhoven. Mengunci gelar Eredivise dengan empat pertandingan tersisa, unggul 9 poin dari pesaing terdekat mereka Ajax, dan hanya dua kali menelan kekalahan. Tercatat 117 gol tercipta pada musim itu, sebuah proses yang sangat luar biasa.

Penampilan luar biasa di Liga bukan berarti PSV meraih treble dengan mudah. Roda JC menjadi dinding penghalang PSV Eindhoven, PSV membutuhkan perpanjangan waktu untuk mengalahkan Roda JC, Soren Lerby menjadi sosok yang membantu PSV mengunci Piala Domestik dengan golnya pada perpanjangan waktu, sekaligus mengakhiri pertandingan dengan skor 3-2 untuk PSV.

Sementara di Piala Eropa, PSV berhasil mencapai Final setelah mendepak Austria Wien, Bordeaux, dan Real Madrid. Melawan Benfica di final bukan perkara mudah bagi PSV, 120 menit tanpa gol, babak penalti pun tak terhindarkan. Kedua tim mampu menuntaskan 5 tendangan awal. Hingga penendang keenam PSV Janssen mampu menuntaskan tugasnya dengan baik serta Hans van Breukelen mempu menepis tendangan Antonio Veloso dan membawa PSV menang dengan skor 6-5 pada babak adu penalti.

Manchester United (1999)

Bukan Liverpool dan Madrid, Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
Manchester United. Sumber: Foxsport

Penuh drama, treble Manchester United dapat dikatakan yang paling dramatis, comeback dalam waktu 3 menit saat final Liga Champions melawan Bayern Munchen, serta perebutan gelar Liga Inggris yang harus ditentukan hingga partai pamungkas, menjadi cerita tersendiri bagi Manchester United kala itu.

Tertinggal dua poin dari Arsenal pada minggu terakhir liga, United mengamankan gelar liga dengan kemenangan di laga terakhir, unggul satu poin atas Arsenal. Gol Beckham dan Andy Cole ketika melawan Tottenham Hotspur menjadi kunci untuk mengamankan kemenangan yang dibutuhkan Setan Merah untuk membawa gelar liga kembali ke Old Trafford.

Di piala FA, Manchester United tidak mendapat halangan yang cukup berarti, Man United berhasil merengkuh gelar Piala FA setelah mengandaskan perlawanan Newcastle United 2-0. Bahkan pada laga ini Sir Alex mengistirahatkan beberapa pemain kunci guna menghadapi bentrokan di final Liga Champions kontra Bayern Munchen di Camp Nou beberapa hari kemudian.

Hari final Liga Champions pun datang. Yang menarik jika kita membicarakan laga ini, bukanlah dominasi atau tim terbaik, tetapi drama yang terjadi. Gol telat Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer pada menit 90+’ berhasil membuat Manchester United membawa pulang trofi Liga Champions setelah sebelumnya tertinggal terlebih dahulu dari Bayern Munchen melalui gol Mario Basler pada menit ke 6’.

Kemenangan ini pun memancing decak kagum berbagi pihak termasuk preside UEFA saat itu, Lennart Johansson. “Saya tidak bisa mempercayainya” tutur Lennart. Lennart yang saat itu turun dari tribun ketika skor 1-0 berfikir bahwa itu sudah selesai, tak disangka, ketika sampai di pinggir lapangan, Lennart justru mempersembahkan trofi bagi United dengan kemenangan 2-1 atas Bayern Munchen.

Barcelona (2009 dan 2015)

Bukan Liverpool dan Madrid. Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
Barcelona. Sumber: Dailymail

Menunjuk Guardiola sebagai manager mereka kala itu dianggap keputusan yang konyol. Pengalaman yang minim membuat Guardiola diragukan banyak pihak. Dengan santai Gualdiola menjawab kritik tersebut dengan memenangkan treble pada musim pertamannya.

Copa del Rey menjadi gelar pertama Guardiola, tertinggal satu gol dari Athletic Bilbao, Barcelona hanya butuh setengah jam untuk membalikan keadaan menjadi 4-1. Selanjutnya Barcelona berhasil mengamankan gelar La Liga setelah Villareal berhasil mengalahkan Real Madrid pada bulan Mei dan Barcelona membungkam Real Madrid 6-2 di Santiago Bernabeu.

Terkahir datanglah gelar Liga Champions. Melawan Manchester United di laga final, gol Samuel Eto’o dan Messi sudah cukup mengunci kemenangan 2-0 atas Manchester United guna membawa pulan trofi UCL. “Kami bukan tim terbaik dalam sejarah, tapi kami memainkan musim terbaik dalam sejarah” tutup Guardiola.

Tapi itu bukan treble terakhir yang diraih Barcelona. Pada 2015, Barcelona kembali mencatatkan treble di bawah asuhan Luis Erique, menariknya, itu pun adalah musim perdana Enrique menangani Messi dkk. Barcelona mencatatkan keunggulan dua poin atas Real Madrid di La Liga, mengalahkan Athletic Bilbao 3-1 di final Piala Raja, dan mampu mengalahkan Juventus 3-1 di final Liga Champions.

Musim itu, bersama Enrique disebut-sebut sebagai musim terbaik Blaugrana, Barcelona mencatatkan kemenangan terbanyak (50), gol terbanyak (175) serta nirbobol terbanyak (33).

Inter Milan (2010)

Bukan Liverpool dan Madrid, Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
Inter Milan. Sumber: Dailymail

Musim terbaik bagi Inter Milan, berawal dari perekrutan Jose Mourinho untuk menggantikan Roberto Mancini. Coppa Italia menjadi trofi pertama yang mereka amankan, setelah mengalahkan As Roma 1-0, beberapa minggu setelahnya Inter mengamankan gelar Serie A setelah mengalahkan lawan yang sama, yaitu As Roma. Menarikanya, Diego Milito menjadi pencetak gol pada kedua laga itu.

Setelah sukses mengatasi Barcelona dengan parkir bus di semifinal, Inter Milan juga sukses mengatasi perlawanan Bayern Munchen di final Liga Champions, dua gol Diego Milito dalam laga itu menjadikan Inter Milan peraih treble pertama di Italia. Tak lama setelah itu, Mourinho meninggalkan Italia untuk bergabung ke Real Madrid.

Bayern Munchen (2013)

Bukan Liverpool dan Madrid, Berikut 7 Tim Peraih Treble Winners
Bayern Munchen. Sumber: Goal

Memenangkan Bundesliga dengan selisih 25 poin dari pesaing terdekatnya, Borussia Dortmund menjadi awal dari treble yang akan diraih Bayern Munchen. Musim berlanjut begitu juga kedigdayaan Bayern, mereka selanjutnya mengalahkan Stuttgart 3-2 dalam laga final DFB Pokal.

Musim semakin buruk bagi Dortmund, Bayern Munchen sekali lagi berhasil mengalahkan Dortmund, kali ini dalam laga Final Liga Champions yang di gelar di Wembley, Arjen Robben menjadi penentu kemenangan Bayern pada laga itu. Tak hanya itu, di musim ini Bayern secara mengejutkan berhasil mengalahkan Barcelona dengan agregat 7-0 di semifinal Liga Champions. Piala Eropa ke 5 bagi Bayern, sekaligus treble pertama bagi klub Jerman.

Gambar Gravatar
Manusia biasa ciptaan Allah yang ingin sukses dengan caranya