5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal
Andre Villas Boas. Foto: GettyImages

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal

Diposting pada

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal – Sepakbola selalu menjadi bisnis yang mahal, terutama selama dua dekade terakhir. Bahkan beberapa musim terakhir kita melihat inflasi yang terjadi dalam sepakbola sangat fantastis. Terjadi lonjakan harga yang gila-gilaan.

Tiga tahun terakhir contohnya, transfer Neymar ke PSG, Kylian Mbappe ke PSG, Joao Felix ke Atletico, hingga Philippe Coutinho ke Barcelona yang nilainya di atas 100 juta euro.

Baca: Timnas Perancis yang Sudah Anti Terhadap Benzema

Di tengah meningkatnya harga transfer pemain, pelatih pun tidak mau kalah. Beberapa kasus ditemukan sebuah klub harus membayar mahal kompensasi untuk memboyong seorang pelatih yang masih terikat kontrak dengan klub lamanya.

Seperti apa yang dilakukan Chelsea pada tahun 2011 saat menebus klausul kontrak Andre Villas-Boas dari Porto. Selain Villas-Boas masih ada nama-nama elite yang mungkin belum kamu tahu.

Dikutip dari ronaldocom, berikut 5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal

5. Brendan Rodgers – €6.2 Juta (Swansea ke Liverpool)

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal
Brendan Rodgers. Foto: Getty Images

Kembali pada tahun 2012, Rodgers adalah salah satu pelatih muda dengan bakat besar di sepakbola Inggris. Setelah tampil bagus bersama Watford dan Reading, ia kemudian hengkang ke Swansea City. Tidak butuh waktu lama baginya untuk mencapai kesuksesan.

Klub asal Wales itu dibawanya memenangkan divisi dua Inggris dan berhak promosi ke Premier League. Di musim pertama EPL dirinya mampu membawa Swansea finis di posisi sebelas pada musim 2011/2012. Sejak saat itu namanya kerap dirumorkan dengan klub-klub Premier League lainnya.

Pada akhirnya, Liverpool bergerak lebih dulu dengan menyetujui untuk membayar klausul pembelian Rodgers senilai 6,2 juta euro.

Rodgers kemudian menghabiskan tiga musim berikutnya melatih Liverpool dan hampir membawa mereka menuju trofi Premier League pada 2013/14. Dia juga jadi manager petama yang meraih penghargaan Manager Of The Year dalam 20 tahun terakhir klub.

Cerita indah Liverpool bersama Rodgers terhenti pada Oktober 2015 saat The Reds ditahan imbang oleh musum bebuyutan, Everton. Rodgers pun digantikan oleh Jurgen Klopp.

4. Jose Mourinho – €8 juta (Inter Milan ke Real Madrid)

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal
Jose Mourinho. Foto: GettyImages

Jose Mourinho saat ini mengalami masa kelam di Tottenham Hotspur. Klub asal London itu sudah puasa kemenangan sejak enam pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Namun balik 10 tahun ke belakang, pelatih Portugal itu mampu membawa Inter Milan menjurai treble. Tidak ada tim Italia yang pernah memenangkan Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions dalam satu musim sebelumnya.

Berkat catatan impresif itu Real Madrid rela merogoh kocek sebanyak 8 juta euro untuk membawa The Special One ke Santiago Bernabeu, meski tugas Mourinho di sana saat itu berat; menggulingkan Barcelona saat sedang jaya-jayanya.

Setelah tiga tahun di Madrid, Mourinho memenangkan satu gelar La Liga. Dia juga mengoleksi Copa Del Rey dan Piala Super Spanyol.

3. Ruben Amorim – €10 juta (Braga ke Sporting Lisbon)

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal
Ruben Amorim. Foto: Twitter: Sporting160

Mantan pemain internasional Portugal ini menghabiskan sebagian besar karier bermain di Benfica sebelum gantung sepatu pada 2017. Dia kemudian menjadi pelatih cadangan Braga sampai Ricardo Sá Pinto dipecat Desember lalu.

Amorim hanya memimpin tim senior selama dua bulan di 13 pertandingan kompetitif. Dalam periode itu ia mampu membawa Braga tanpa kekalahan termasuk mengalahkan klub-klub elite Portugal seperti FC Porto, Benfica dan Sporting CP.

Kemenangan di final Piala Liga Portugal atas Porto mengukuhkan statusnya sebagai rising star. Karena itu, Sporting menghabiskan banyak uang untuk merekrut Amorim sebagai pelatih tim utama baru mereka pada Maret 2020.

2. Brendan Rodgers – €10.5 Juta (Celtic ke Leicester)

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal
Brendan Rodgers. Foto: Getty Images

Brendan Rodgers merupakan pelatih dengan transfer termahal kedua dunia. Ia ‘didatangkan’ Leicester City dari Celtic dengan biaya 10,5 juta euro.

Setelah pemecatannya dari Liverpool, pelatih Irlandia Utara itu merebut kembali reputasinya di Glasgow. Semua berjalan baik, dengan Celtic finis tak terkalahkan dalam kampanye debutnya. Ia bahkan meraih trofi treble domestik back-to-back dalam dua musim.

Saat ini bersama Leicester di Premier League, untuk sementara Rodgers terbang tinggi dengan menyegel posisi tiga klasemen.

1. Andre Villas-Boas – €15 juta (Porto ke Chelsea)

5 Transfer Pelatih Sepakbola Termahal
Andre Villas Boas. Foto: GettyImages

Pelatih Portugal ini dipandang sebagai penerus Jose Mourinho lantaran membawa Porto meraih gelar treble (Eropa Liga, Liga dan Piala Portugal). Hal itupun membawa dia membesut Frank Lampard cs pada 2011. Meski pada akhirnya keputusan Chelsea saat itu kurang tepat.

Villas-Boas hanya memenangkan 19 dari 40 pertandingannya pertamanya di Chelsea. The Blues kemudian memecatnya pada Februari 2012 setelah klub terdepak dari persaingan empat besar liga.

Villas-Boas sejak itu melatih Tottenham, Zenit St Petersburg, Shanghai SIPG, dan saat ini Marseille.

Gambar Gravatar
Bisa ditemui di Twitter @loblogdeubin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *