Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih
Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih

5 Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatihnya Sendiri

Diposting pada

Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih – Tensi tinggi seringkali membawa emosi, jangankan dengan lawan tanding, dengan pelatih sendiri pun konflik bisa terjadi.

Dalam dunia sepakbola pastinya banyak hal yang menjadi bumbu-bumbu munculnya konflik di ruang ganti.

Baca: Daftar Pesepak Bola Dengan Kontrak Apparel Termahal di Dunia 2020

Bahkan seorang pemain hebat pun tidak menjamin akan bisa akur dengan rekan setim ataupun pelatih. Kebanyakan konflik bermula dari salah paham atau bahkan soal urusan pribadi. Konflik semacam ini tentunya akan mengganggu bagi staff atau pemain lain.

Tidak jarang pemain yang bersangkutan akan diabaikan oleh sang pelatih dengan tidak memainkannya di pertandingan penting atau sesegera mungkin menjualnya. Berikut Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih, dihimpun dari berbagai sumber.

Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih

Diego Costa-Antonio Conte (Chelsea)

Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih
Conte dan Costa. Foto: AFP

Konflik antar pemain-pelatih ini mulai muncul menjelang akhir Liga Inggris musim 2016/2017. Sebenarnya konflik ini didasari pada kesalahpahaman antar kedua belah pihak.

Berawal dari Diego Costa yang cedera dan membuat dirinya absen menjelang paruh musim 2016/2017. Menurut pengakuan staff pelatih sebenarnya kondisi Costa sudah pulih namun Ia masih belum ingin bermain, hal inilah yang membuat Conte geram.

Conte sampai mengeluarkan pernyataan yang seakan-akan menyuruh Diego Costa untuk bermain di Liga China saja. Bahkan Costa pun tersingkir dari skuad utama The Blues dan mengatakan bahwa dirinya sudah tidak diinginkan lagi di Stamford Bridge. Perseteruan ini mereda setelah sang pemain memilih kembali ke klub lamanya, Atletico Madrid pada bursa transfer musim dingin.

Mario Balotelli-Roberto Mancini (Manchester City)

Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih
Balotelli Mancini. Foto: Net

Pemain yang dikenal bar-bar ini bukan hanya keras kepada lawan namun juga keras kepada pelatihnya sendiri. “Super Mario” sempat memiliki hubungan baik dengan Mancini saat keduanya masih tergabung dengan Inter Milan.

Namun konflik bermula saat Manchester City mengadakan latihan di Carrington. Saat itu Balotelli melakukan tekel keras kepada Joleon Lescott, pemain bertahan City waktu itu.

Hal tersebut memicu kemarahan Mancini yang justru dibalas kecaman oleh Balotelli. Keduanya bahkan semat adu fisik, Mancini mencengkram rompi latihan yang dikenakan Balotelli lalu mendorongnya sampai tersungkur ke tanah. Hingga para pemain dan staff berhasil memisahkan. Balotelli pun langsung menjauh ke ruang ganti.

David Beckham-Sir Alex Ferguson (Manchester United)

Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih
Ferguson Beckham. Foto: BBC

Semua mengenal Sir Alex sebagai pribadi yang tegas dan mampu mengontrol emosi. Namun pelatih berkebangsaan Skotlandia itu pernah marah besar kepada David Beckham atas permainan buruknya di lapangan. Saat itu Manchester United memainkan laga Piala FA melawan Arsenal pada tanggal 15 Februari 2003.

Setan Merah yang takluk 2-0 membuat sang pelatih tidak merasa puas, khusunya kepada Beckham. Saat di ruang ganti Sir Alex meluapkan kemarahannya dengan menendang sepatu yang tanpa disengaja mengenai pelipis David Beckham. Karena hal ini hubungan keduanya sempat renggang dan akhirnya di akhir musim Beckham memilih hijrah ke Real Madrid dengan bandrol 35 Juta euro.

Zlatan Ibrahimovic-Pep Guardiola (Barcelona)

Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih
Ibrahimovic Guardiola. Foto: Twitter

Datang ke Barca dengan status pemain termahal dunia, Ibrahimovic tentunya berharap bisa memenangkan banyak gelar dengan raksasa Catalan tersebut. Ibra tidak tampil buruk dengan selalu mencetak gol di awal musim 2009/2010.

Namun Pep Guardiola secara terang-terangan berkata lebih memilih Messi di lini depan daripada Ibrahimovic. Hal ini membuat pemain asal Swedia ini kesal. Ibra sempat berbicara kepada Pep bahwa Ia telah mengorbankan pemain lain demi Lionel Messi, namun Pep hanya merespon dengan mengatakan bahwa Ia mengerti kondisi Ibra. Setelah itu Ibra harus memulai pertandingan dari bangku cadangan terus menerus.

Seperti dilansir dari Fourfourtwo, Ibrahimovic sempat mengeluarkan pernyataan bahwa Pep Guardiola membelinya seperti sebuah Ferrari, tapi mengendarainya seperti mobil murahan.

Ibra juga menambahkan “Sebenarnya Pep bukanlah orang terburuk yang pernah bekerja denganku, namun Ia (Pep) orang yang tidak dewasa – karena seorang pria sejati harus mampu menangani masalah”.

Adem Ljajic-Delio Rossi (Fiorentina)

Pesepak Bola yang Pernah Berkonflik dengan Pelatih
Delio Rossi Adem Ljajic. Foto: Goal

Selanjutnya konflik pemain-pelatih juga pernah terjadi Liga Italia. Kala itu Fiorentina sedang bermain imbang 2-2 melawan Novara pada tanggal 3 Mei 2012. Adem Ljajic yang masih berusia 20 tahun ditarik keluar oleh sang pelatih pada menit 32.

Menurut berita dari Football-italia, saat Ljajic menuju bangku pemain, ia melakukan aksi sarkas dengan bertepuk tangan ke arah Delio Rossi. Ljajic juga sempat berkata “Sangat bagus, Maestro. Serius, anda benar-benar fenomenal”.

Belum berhenti sampai disitu, Ljajic sempat memaki sang pelatih dalam bahasa Serbia dan menghina Ibunya. Setelah itu Delio Rossi menghampiri Ljajic dan langsung mendaratkan pukulan ke arah sang pemain.

Walaupun pada akhirnya pertandingan dilanjutkan dan pada konferensi pers pasca pertandingan Delio Rossi memilih meminta maaf. Meskipun begitu sang pelatih tetap dipecat dan Ljajic di skors oleh manajemen Fiorentina sampai akhir musim.

Gambar Gravatar
Fino Alla Fine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *